Blended learning adalah pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dikelas dengan kegiatan-kegiatan terintegrasi yang difasilitasi dengan komputer, internet, dan media-media pembelajaran lainnya. Blended Learning ini memiliki beberapa nama lain, diantaranya integrative learning, hybrid learning, dan multi-method learning.
Tujuan utama blended learning yaitu membantu peserta belajar untuk berkembang lebih baik didalam proses belajar mengajar, sesuai dengan gaya belajar dan preferensi dalam belajar.
Blended learning mempunyai beberapa sisi positif dan sisi negatif, diantaranya:
Sisi Positif
a) Setiap peserta belajar mampu memaksimalkan berbagai macam fitur dan aplikasi online secara maksimal dan mampu belajar secara mandiri.
b) Setiap peserta belajar dapat dengan mudah mencari berbagai sumber mengenai topik yang sedang didiskusikan karena ia sedang berhadapan langsung dengan teknologi yang memang memudahkannya dalam mencari informasi
c) Membuat peserta belajar mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap fitur-fitur yang mereka gunakan
d) Peserta belajar dapat lebih fokus membahas suatu topik bersama kelompok diskusinya, sehingga diskusi dapat berjalan dengan lancar dan terarah.
Sisi Negatif
a) Terkadang faktor luar sering menghambat kegiatan blended learning, seperti koneksi internet yang lambat atau bahkan tidak semua peserta belajar memiliki modem atau jaringan internet.
b) Pada tahap awal dijalankannya blended learning ini mungkin akan sedikit mengalami keterlambatan dan beberapa kendala karena peserta belajar yang harus belajar dari awal dalam pemanfaatan fitur-fitur yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, blended learning ini ternyata memiliki dampak yang begitu besar terhadap peserta belajar, terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa para peserta belajar yang memanfaatkan blended learning ini secara maksimal akan mampu memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan para peserta belajar lain ang tidak memanfaatan blended learning ini secara maksimal.
Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa sebaiknya blended learning ini dapat terus dikembangkan terutama di Indonesia agar didapatkan suatu sitem pembelajaran yang baik dan terarah serta menciptakan anak didik yang berkualitas.
Sumber:
http://search.ebscohost.com/ login.aspx?direct=true&db=lxh& AN=58528964&site=ehost-live
http://search.proquest.com/ docview/208929169/ 136A46299487738AD07/6? accountid=50257
http://id.wikibooks.org/wiki/ Pembelajaran_Berbasis_Blended_ Learning
http://en.wikipedia.org/wiki/ Blended_learning
http://www.slideshare.net/ herythe/potensi-pengembangan- blended-learning-di-indonesia
Sumber:
http://search.ebscohost.com/
http://search.proquest.com/
http://id.wikibooks.org/wiki/
http://en.wikipedia.org/wiki/
http://www.slideshare.net/
blended learning menurut Bersin (2004) adalah pencampuran pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbantuan teknologi yang tersedia saat ini (today)
ReplyDelete