Sunday, April 8, 2012

Contoh Kasus Intelligensi



Pada tugas Inteligensi kali ini kasus yang akan saya uraikan berkaitan dengan Tacit Intelligensi, Fluid Intelligensi, dan Crystallized Inteligensi.

·         Tacit Inteligensi merupakan suatu kemampuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang sifatnya praktis.

·         Fluid Intelligensi merupakan suatu kemampuan untuk mengatasi hal-hal baru dalam hidup seseorang.

·         Crystallized Intelligensi merupakan suatu kemampuan untuk mengatasi hal-hal yang pernah seseorang alami sebelumnya.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat diuraikan beberapa contohnya sbb :
v  Tacit Intelligensi
Contoh : Saya sudah belajar berenang sejak saya kecil, biasanya setiap ada waktu kosong atau akhir pekan saya dan keluarga biasa menghabiskan waktu untuk pergi berenang atau ke pantai. Suatu hari saya pergi berakhir pekan bersama keluarga besar saya yang terdiri dari tante dan sepupu-sepupu saya. Beberapa orang dari sepupu saya semasa kecilnya tidak pernah belajar berenang dan jarang pergi ke tempat permainan air seperti yang biasa saya lakukan, sehingga beberapa dari mereka belum terlalu mahir berenang bahkan tidak pandai sama sekali. Dalam hal ini dikarenakan saya sudah terbiasa berenang dan sudah belajar berenang sejak kecil maka saya lebih mahir dibandingkan sepupu-sepupu saya.

v  Fluid Intelligensi
Contoh : Nenek saya yang sudah terbilang sangat lansia terbiasa menggunakan berbagai macam fasilitas kuno ataupun tradisional dan belum pernah menggunakan fasilitas yang super canggih zaman sekarang, saat pergi haji beberapa tahun lalu, di hotel tempat beliau menginap terdapat fasilitas kamar mandi yang cukup mewah dan dilengkapi dengan fasilitas yang modern, saat beliau mencoba menggunakan fasilitas tersebut beliau cukup kewalahan dan sulit mempelajari bagaimana cara menggunakan fasilitas tersebut. Hal ini terjadi karena semakin bertambah usia seseorang maka akan semakin sulit bagi orang tersebut untuk mempelajari hal-hal baru.

v  Crystallized Intelligensi
Contoh : Saya pernah beberapa kali pergi bermain ice skating bersama keluarga, saat pertama kali bermain saya mengalami kesulitan dan agak sulit untuk mempelajari teknik bermain ice skating tersebut, tetapi lama kelamaan saya mulai terbiasa dan mulai bisa meskipun sedikit. Setelah beberapa bulan saya pergi beramin ice skating lagi, saat memulai saya agak mengalami kesulitan karena sudah mulai tidak terbiasa dan hampir lupa tekniknya, tetapi lama kelamaan saya mulai bisa dan mengingat saat pertama kali belajar. Saya tidak membutuhkan waktu yang lama saat bermain ice skating untuk yang kedua kaliny, tidak seperti saat saya melakukannya pertama kali, hal ini dikarenakan saya sudah pernah mengalami hal tersebut sebelumnya sehingga saya tidak mengalami kesulitan yang berarti saat bermain ice skating

No comments:

Post a Comment