Sunday, April 8, 2012

Contoh Kasus Memory



Kasus yang akan saya uraikan dalam topik ini adalah pengalaman saya ketika masih kecil. Saat kecil ada beberapa pengalaman yang masih sangat saya ingat, ketika kecil saya merupakan anak yang cukup aktif. Saya mengikuti berbagai macam kegiatan diluar sekolah, mulai dari belajar mengaji, bimbel, hingga belajar berenang. Nah, pengalaman selama berenang inilah yang akan saya uraikan. Biasanya saya belajar berenang setiap sore sepulang dari mengaji di madrasah. Saat pertama kali belajar berenang saya merasa kesulitan mengikuti instruksi dari pelatih saya, tetapi saya mulai mengulang-ngulang apa yang diajarkan oleh pelatih saya hingga saya menjadi mahir berenang.
Banyak pengalaman menarik saat saya belajar berenang itu, saya sering mengulang-ngulang memori indah itu dan bercerita-cerita dengan adik saya karena kebetulan saat itu kami sama-sama belajar berenang dengan pelatih yang sama. Nah karena saya merasa pengalaman ini berkesan sehingga saya memasukkan pengalaman ini kedalam STM dan kemudian memasukkannya kedalam LTM sehingga sampai sekarang saya masih mengingat apa yang terjadi. Inilah yang dinamakan ingatan jangka panjang (LTM).

Berbeda halnya saat saya menghafal pelajaran sekolah misalnya, saya belajar hanya saat besok mau ujian, setelah ujian saya tidak mengulang kembali pelajaran itu maka ingatan itu hanya tersimpan ke STM dan tidak tersimpan ke LTM maka secara perlahan-lahan ingatan akan  pelajaran itupun menghilang. Inilah yang dinamakan ingatan jangka pendek (STM).

No comments:

Post a Comment