Sunday, April 8, 2012

Contoh Kasus Kognisi dan Bahasa



Pada tugas kali ini kasus yang akan saya uraikan adalah mengenai strategi pemecahan masalah yang terdiri dari :
·         Trial and Error
·         Algorithm
·         Heuristic Reasoning

Berdasarkan beberapa teori tersebut saya akan memaparkan beberapa pengalaman saya terhadap teori-teori tersebut, sebagai berikut :

1.     Trial and Error
Teori trial and error merupakan pendekatan masalah tanpa strategi kognitif, hanya mencoba setiap kemungkinan, membutuhkan waktu yang lebih lama serta tidak menjamin masalah terselesaikan.
Contoh :
Saat mengambil mata kuliah psikologi pendidikan seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut diwajibkan untuk memiliki blog demi kelancaran proses belajar mengajar. Nah, saya yang sebelumnya belum pernah memilki blog dan belum pernah mencoba membuat blog menjadi khawatir jika saya tidak dapat membuat blog. Saat itu saya langsung membuka website pembuatan blog, saya mencoba sign up blog dan dengan keyakinan saya mengikuti proses registrasinya. Akhirnya blog saya selesai. Tetapi muncul masalah lain saat saya ingin memodifikasi blog tersebut, saya mengalami kesulitan dan akhirnya saya mulai mencoba-coba semua fitur yang ada yang awalnya membuat saya kerepotan dengan semua fitur yang ada. Saya mencoba bebereapa kali membuka fitur-fitur tersebut dan berusaha mempelajarinya namun beberapa kali gagal. Namun saya tetap terus mencobanya.

2.     Algoritme
Teori algoritme adalah suatu pola penyelesaian masalah yang sistematis, dan jika diikuti dijamin akan memperoleh solusi yang tepat.
Contoh :
Ketika saya semakin bingung mempelajari blog tersebut akhirnya saya mengambil keputusan untuk melihat langkah-langkah memodifikasi blog di google. Setelah saya menemukan panduan tersebut maka saya mengikutinya dan akhirnya blog saya pun berhasil dimodofikasi.



3.     Heuristic Reasoning
Heuristic reasoning merupakan penggunaan strategi yang menambah kemungkinan ditemukannya solusi yang benar, tetapi tidak menjamin solusi yang tepat.
Contoh:
Pada saat saya memodifikasi blog saya ditemani oleh teman saya yang suadah lebih berpengalaman didunia blogging dibandingkan saya. Saat itu saya ingin menambahkan beberapa widget islami yang  linknya saya dapatkan dari blog teman saya. Saat saya mulai mencoba menambahkan widget tersebut, muncul tampilan pada layar komputer yang memberikan beberapa kode. Menurut pengalaman teman saya jika tampilan komputer sudah seperti itu berarti tinggal 1 tahap lagi yang harus dilewati maka widget tersebut sudah ada di tampilan blog saya, tetapi kenyataannya tahap tersebut berulang kali gagal dilalui dan tidak sesuai dengan pengalaman teman saya. Setelah beberapa kali mencoba tetap tidak berhasil, hal ini jauh berbeda dengan pengalaman teman saya, oleh karena itu teori ini tidak menjamin memberikan solusi yang tepat.

No comments:

Post a Comment