Pendidikan dan media pembelajaran merupakan dua hal yang memilki kaitan yang sangat erat, karena pendidikan tidak akan berlangsung jika tidak ada media yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar mengajar tersebut. misalnya, didalam proses belajar mengajar dibutuhkan buku-buku pelajaran, OHP, Komputer, internet, dll beberapa hal tersebut merupakan contoh dari media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar agar tercipta suasana mengajar yang efektif.
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru / fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Media menurut AECT adalah segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan. Sedangkan gagne mengartikan media sebagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka untuk belajar.
Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar.
Istilah pembelajaran lebih menggambarkan usaha guru untuk membuat belajar para siswanya. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Kegiatan belajar hanya akan berhasil jika si belajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. Seorang guru tidak dapat mewakili belajar siswanya. Seorang siswa belum dapat dikatakan telah belajar hanya karena ia sedang berada dalam satu ruangan dengan guru yang sedang mengajar.
Beberapa media pembelajaran :
a) Media visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik.
b) Media Audio : radio, tape recorder, lab bahasa, dll.
c) projected motion media : film, tv, video, komputter, dll.
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
a) mempermudah proses belajar mengajar
b) meningkatkan efisiensi belajar mengajar
c) menjaga relevansi dengan tujuan belajar
d) membantu konsentrasi belajar mahasiswa
e) menurut gagne: komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
f) menurut Briggs : wahana fisik yang mengandung materi instruksional
g) menurut schramm : teknologi pembawa informasi
Dalam penggunaan media pembelajaran ini, harus diperhatikan beberapa hal dalam penggunaannya, harus disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. seorang guru / fasilitator harus dapat mengembangkan media pembelajaran yang digunakan dengan baik dalam menyampaikan bahan ajar agar murid dapat memahami apa yang diajarkan secara maksimal dan memperoleh hasil belajar yang baik.
Sumber :
Santrock,J.W. (2010). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua, Jakarta : Kencana
No comments:
Post a Comment